Situs Cagar Budaya Mesjid Raya Gantiang Dakota Holidays

Rabu, 13 Februari 2013

Situs Cagar Budaya Mesjid Raya Gantiang

mesjid raya ganting cagar budaya


Mesjid Raya Gantiang adalah mesjid tertua di Kota Padang. Awalnya mesjid ini dibangun pada  tahun 1700 M dalam bentuk semi permanen di tepi Batang Arau. Mesjid tersebut kemudian dibongkar oleh pemerintah kolonial Belanda, karena di tempat tersebut akan dibangun  jalan menuju Pelabuhan Emma Haven di Teluk Bayur. Mesjid kemudian dipindahkan  ke daerah Gantiang. Tanah tempat berdirinya masjid merupakan tanah wakaf dari  masyarakat Gantiang.
Pembangunan mesjid didesain oleh beberapa tokoh  masyarakat setempat, seperti; Angku Gapuak, seorang pedagang dari Pasa Gadang;  Angku Syekh Haji Uma, kepala kampung di Pasa Gadang; Angku Syekh Kapalo Koto,  ulama dan tokoh agama. Sedang pendanaannya didapat dari donatur dari beberapa daerah, seperti: Aceh, Medan, Sibolga, dan Minangkabau sendiri.
Pembangunan dilakukan oleh masyarakat dengan bergotong royong di bawah pimpinan seorang militer Belanda, sebagai salah satu bentuk  tanggung jawab moral dari pemerintah kolonial Belanda karena telah membongkar mesjid  pertama yang berada Batang Arau.  Pada tahun 1819, pembangunan masjid tahap awal  berhasil diselesaikan yaitu sebuah masjid permanen dengan ukuran 30  x 30  m yang dilengkapi dengan serambi (teras) selebar 4 m. Selanjutnya, pembangunan dilakukan  secara bertahap untuk melengkapi bagian yang belum sempurna.
Arsitektur mesjid ini merupakan gabungan dari berbagai corak arsitektur, seperti: Belanda,  Persia, Timur Tengah, China  dan Minangkabau. Konstruksi masjid terbuat dari bahan bermutu tinggi. Bahan  dari kayu, seperti: Kayu Ulin didatangkan dari Bangkinang, Riau; Kayu Rasak didatangkan  dari Indrapura; dan Kayu Kapur dari Pasaman.
Sementara komposisi lain, seperti seng,  ubin dan semen didatangkan dari Eropa. Untuk bagian interior, seperti mimbar, dibuat dan diukir dengan ukiran Tiongkok yang merupakan sumbangan dari seorang saudagar China yang  beragama Islam. Sedangkan lantainya dipasang ubin khusus yang didatangkan dari  Jerman yang dibawa oleh perusahaan Belanda pada tahun 1910.
Di samping itu, terdapat  25 tiang penyangga yang bermakna sebagai simbol dari 25 nabi dan rasul, dan juga  terdapat beberapa ukiran indah dalam bentuk tulisan kaligrafi yang menghiasai masjid  tersebut.
Sumber:Menapak Ranah Minang
Anda sedang membaca Situs Cagar Budaya Mesjid Raya Gantiang dan Anda bisa menemukan Situs Cagar Budaya Mesjid Raya Gantiang ini dengan URL http://dakotaholidays.blogspot.com/2013/02/situs-cagar-budaya-mesjid-raya-gantiang.html, Anda boleh menyebarluaskannya atau meng-copypaste-nya jika Situs Cagar Budaya Mesjid Raya Gantiang ini bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Situs Cagar Budaya Mesjid Raya Gantiang sebagai sumbernya.
Situs Cagar Budaya Mesjid Raya Gantiang 9out of 10 based on 10 ratings. 12789 user reviews.
W3 Directory - the World Wide Web Directory

0 komentar:

Posting Komentar